Translate

Kamis, 18 September 2014

Artikel Islami: QURBAN

Sebentar lagi Idul Qurban tiba. Yuk kita simak artikel berikut ini mengenai qurban agar kita dapat melewati Idul Qurban kali ini lebih bermakna.

Ibadah qurban adalah ibadah yang dilakukan dengan cara memotong hewan qurban yang dilaksanakan mulai hari raya Idul Qurban dan hari-hari tasyrik. Ibadah qurban merupakan jenis ibadah pemberian harta sebagaimana zakat, infaq dan sedekah.

Ayat Ayat Tentang Qurban

Dalam Al Quran ada beberapa ayat tentang qurban yang mesti kita ketahui. Antara lain adalah tentang perintah qurban, fadilah qurban, makna qurban, tujuan qurban, daging qurban dan sejarah qurban. Pastikan simak ayat ayat tentang qurban ini, semoga Allah memudahkan kita semua untuk berqurban tahun ini dan tahun mendatang.

1. Perintah qurban
Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah. (Al-Kautsar : 2)

2. Fadilah Qurban : Supaya mereka…
Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syari’atkan penyembelihan qurban supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka, maka Rabb-MU adalah Allah yang satu karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh.  (Al-Hajj : 34)

3. Makna qurban : Rasa syukur kepada Allah
Dan serulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh, supaya mereka menyaksikan berbagai manfa'at bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rizki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang kesusahan lagi fakir. (Al-Hajj : 27-28)

4. Ketaqwaan adalah tujuan qurban
Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaanmulah yang dapat  mencapainya.  (Al-Hajj :  37)

5. Dibolehkannya pekurban makan daging qurban
Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri dan telah terikat. Kemudian apabila ia telah tumbang (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukan unta-unta itu kepada kamu, supaya kamu bersyukur.  (Al-Hajj : 36)

6. Sejarah Qurban

Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. Maka kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar [1283]. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku Sesungguhnya Aku melihat dalam mimpi bahwa Aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya_allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan kami panggillah dia: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu [1284] Sesungguhnya demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar [1285]. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian, (yaitu) "Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim". Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.  (Asshaaffat : 100-111)

Keterangan ayat tentang qurban di atas:
[1283]  yang dimaksud ialah nabi Ismail a.s.
[1284]  membenarkan mimpi maksudnya mempercayai bahwa mimpi itu benar dari Allah s.w.t. dan wajib melaksanakannya.
[1285]  sesudah nyata kesabaran dan ketaatan Ibrahim dan Ismail a.s. Maka Allah melarang menyembelih Ismail dan untuk meneruskan qurban, Allah menggantinya dengan seekor sembelihan (kambing). Peristiwa ini menjadi dasar disyariatkannya qurban yang dilakukan pada hari raya haji.

Hadits Tentang Qurban : Urgensi dan Fadilah

Urgensi melaksanakan qurban:
Dari Abu Hurairah Ra Bersabda Rasulullah Saw: “Bahwa siapa saja yang mempunyai kemampuan lalu tidak berkurban, maka janganlah mendekati tempat shalat kami” (HR Ahmad dan Ibnu Majah dan di shohihkan oleh Hakim)

Seekor kambing untuk seluruh keluarga:
“Di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ada seorang berqurban dengan seekor kambing untuknya dan keluarga-nya”. (HR Ibnu Majah dan AtTirmidzi dan dishahihkannya dan dikeluarkan Ibnu Majah semisal hadits Abu Sarihah dengan sanad shahih)

Amalan yang lebih dicintai Allah pada Idul Adha:
Dari Aisyah ra sesungguhnya Nabi Saw bersabda: "Bahwa tidak ada amalan manusia pada Hari Raya Adha yang lebih dicintai Allah SWT, selain mengalirkan darah hewan (maksudnya : menyembelih hewan qurban)" (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi,... dan di katakan hadits hasan ghorib (hadits hasan yang hanya punya satu riwayat)

Ampunan Allah:
Rasulullah SAW telah bersabda kepada anaknya, Fatimah, ketika beliau ingin menyembelih hewan qurban. ”Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah  SWT, Rabb alam semesta. (HR. Abu Daud  dan At-Tirmizi)

Keridhaan Allah:
Ibnu Juraij meriwayatkan bahwa dulu orang-orang jahiliyah berqurban dengan daging dan darah unta yang dipersembahkan untuk ka’bah (dan patung-patung sesembahan mereka) melihat hal demikian maka para sahabat mengadu kepada Rosulullah seraya berkata, ”kita lebih berhak dalam berqurban.” Dari peristiwa ini turunlah ayat : “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah , tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya…” (Al – Hajj :37)

Hewan qurban sebagai saksi di hari kiamat:
“Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah  hewan qurban telah terletak disuatu tempat disisi Allah sebelum mengalir ditanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Menurut Tirmidzi hadits tentang qurban tersebut hasan, sedangkan Hakim berpendapat bahwa isnadnya shahih. Sebagian ulama mengatakan isnadnya lemah. Namun karena hadits tentang qurban tersebut mengandung ajaran tentang keutamaan qurban, hadits tersebut tidak tercela.

Mendapatkan pahala yang banyak:
"Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan" (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

21 Manfaat Qurban dari Berbagai Segi

1. Menciptakan rasa kasih sayang
Qurban adalah pemberian bahan makanan dari orang yang mampu ke yang tidak mampu. Inilah salah satu bentuk kasih sayang kepada sesama.

2. Sarana berlatih untuk gemar memberi
Hidup adalah perjuangan. Perjuangan butuh pengorbanan. “Memberi” adalah salah satu bentuk pengorbanan.

3. Bukti ketaatan kepada Allah
Qurban adalah perintah Allah untuk kita sebagaimana pernah ditujukan untuk Nabi Ibrahim. Jika Nabi Ibrahim taat dengan perintah untuk menyembelih ankanya, maka semestinya kita harus taat kalau sekedar menyembelih domba sebagai hewan qurban.

4. Untuk mendekatkan diri kepada Allah
Menurut bahasa, qurban berarti “dekat.”. Maksudnya adalah sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.

5. Bekal untuk hari perhitungan
Salah satu pemberat timbangan kebaikan dalam yaumul hisab.

6. Menjadi amal baik yang banyak
Ada keterangan bahwa setiap bulu hewan qurban menjadi kebaikan

7. Salah satu bentuk syiar Islam
Idul qurban adalah ibadah yang dilaksanakan sereatak di seluruh dunia.

8. Membahagiakan banyak orang
Membahagiakan mustahiq (penerima daging hewan qurban), membahagiakan panitia, membahagiakan para tukang potong hewan, penjual hewan qurban dan tentu saja membahagiakan bagi si pekurban karena memperoleh kebaikan yang banyak (lihat no.6).

9. Ajang silaturahim
Antar pengurus masjid, pekurban, pengunjung, mustahiq saling bertemu dalam suatu tempat dan acara yang diberkahi Allah.

10. Untuk memakmurkan masjid
Selain dengan shalat berjamaah, memakmurkan masjid juga dengan cara melakukan ibadah qurban.

11. Saat yang tepat untuk takbiran bersama seluruh masyarakat
Jangan lupa: sambil memotong, mencincang, menimbah, melihat dan apa pun aktivitas kita saat itu, jangan lupa sambil mengumandangkan takbir.

12. Saat yang tepat untuk mengajak cinta masjid
Momen seperti ini perlu dimanfaatkan untuk mengajak seluruh hadirin agar mencintai masjid dengan membagikan buletin dakwah GPKSB

13. Menciptakan kebersamaan
Sama-sama sibuk, sama-sama senang, sama-sama dapat pahala dan sama-sama bertakbir, bertahlil dan bertahmid

14. Latihan untuk bekerja sama
Terutama kerja sama antar seksi dalam kepanitiaan Idul Adha

15. Ajang belajar berorganisasi
Menyelenggarakan qurban bukan perkara yang mudah, perlu pengorganisasian yang matang.

16. Menambah lapangan kerja untuk masyarakat
Inilah manfaat qurban untuk pembangunan bangsa di banyak sektor

17. Menambah lapangan kerja di sektor peternakan
Merupakan nikmat besar bagi seluruh lapisan masyarakat. Karena Idul Qurbanlah, tumbuh lapangan kerja/bisnis baru untuk mengelola hewan qurban (sapi, domba dan unta).

18. Lapangan kerja dan bisnis lainnya
Tidak hanya membuka lapangan kerja dan bisnis di sektor peternakan hewan qurban, melainkan di sektor lainnya. Misal: persewaan tenda, kursi, sound sistem. Juga barang-barang kebutuhan lainnya seperti timbangan, tambang, plastik dll.

19. Merasakan nikmatnya makan daging
Jangankan makan daging, sekedar makan nasi pun masih banyak yang tidak sesuai dosis. Ya, masih banyak orang yang kesulitan untuk sekedar makan 3 kali sehari. Mereka kadang hanya makan nasi putih, tanpa lauk.

20. Kesempatan untuk praktikum
Para mahasiwa kedokterwan hewan mendapat kesempatan untuk praktikum menganalisa kesehatan hewan qurban baik sebelum disembelih maupun untuk analisa dagingnya terutama hati dan paru-paru.

21. Membuat anda rileks
Idul Qurban adalah libur nasional. Sekolah dan kantor tutup. Anda bisa rileks... Inilah manfaat qurban yang anda senangi, bukan?

Hikmah Qurban

Adapun hikmah qurban yang paling esensial adalah, agar kita terlatih untuk terus memberikan hartanya di jalan Allah. Sebab segala yang kita kerjakan membutuhkan dana. Membangun masjid, madrasah, pesantren dll perlu dana. Demikian juga untuk operasional masjid, madrasah operasional lainnya juga pasti memerlukan dana.

Coba lihat, berapa banyak pembangunan madrasah yang bertahun-tahun masih terkatung-katung… Ini pasti karena masalah dana. Madrasah dan pesantren yang sepi, kemudian gulung tikar… ini juga sebagain besar penyebabnya adalah karena dana.

Dakwah, pendidikan, perang… semua butuh dana! Dan ini semua harus kita sediakan. Karena itulah, setiap muslim melalui ibadah qurban semestinya dapat mengambil hikmah qurban agar gemar berkurban untuk mendanai perjuangan-perjuangan Islam.

Hikmah qurban untuk melatih diri agar selalu bersedia memberikan hartanya di jalan Allah, ada dalam Surat As Shaf 10-11: ”Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari adzab yang pedih?
(yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu Mengetahui”

Ternyata hikmah qurban luar biasa, kaena bisa menyelamatkan kita dari adzab yang pedih.

Sumber:
http://www.promutu.com/tentang-qurban/ayat-tentang-qurban-penting/#more-870
http://www.promutu.com/tentang-qurban/hadits-tentang-qurban-urgensi-dan-fadilah/#more-876
http://www.promutu.com/tentang-qurban/21-manfaat-qurban-dari-berbagai-segi/#more-912
http://www.promutu.com/tentang-qurban/hikmah-qurban-dan-kebangkitan-islam/#more-2566

Tidak ada komentar:

Posting Komentar